Jumat, 27 Januari 2012

PAYMENT TRANSACTION

CARA PEMBAYARAN DI HOTEL

Setelah tamu mendapatkan rekening dihotel, dapat dilakukan pembayaran dengan cara dan jenis yang bermacam-macam. Pada dasarnya, pembayaran dilakukan secara:
 Direct Inkasso (langsung) dengan pembayaran tunai
 Bermacam-macam system pembayaran tidak tunai

PEMBAYARAN TUNAI
 Pembayaran tunai masih merupakan cara pembayaran yang paling utama dilakukan dihotel dewasa ini
 Dalam memberikan uang kembali pada pembayaran tunai, harap diingat agar selalu mendahulukan pemberian uang kembali kepada tamu daripada mengambil uang tunai dari tamu (terutama uang pecahan koin) dan menyimpannya di kassa. Hal ini adalah untuk menghindari perdebatan yang tidak diinginkan mengenai kemungkinan kesalahan atau kekurangan penyampaian uang kembali kepada tamu.
PEMBAYARAN DALAM MATA UANG ASING
Dikarenakan tamu tidak selalu dapat melakukan pembayaran dengan mata uang setempat, personil yang terkait atau pemimpin bagian service senantiasa memiliki informasi terbaru mengenai kurs harian untuk nilai tukar mata uang asing. Untuk pembayaran dengan menggunakan mata uang asing. Untuk pembayaran dengan menggunakan mata uang asing, harap diingat untuk hanya menerima uang pecahan kertas, karena mengacu pada aturan, pembayaran dengan uang koin tidak disarankan atau hanya dapat dilakukan dengan persetujuan terlebih dahulu

TRAVELLERS CHEQUE (TC)

Pembayaran dengan menggunakan travelers cheque sudah amat lazim digunakan disetiap hotel, dan penggunaanya dapat dikenakan dengan mata uang apa saja (dari Negara mana saja sesuai kebutuhan). Pada penggunannya, tamu diharuskan menandatangani setiap lembaran TC sebanyak dua kali. Yang pertama adalah keperluan pengambilan uangdibank dan yang lain untuk penyimpanan data kasir. Hal ini juga memungkinkan untuk mengidentifikasi kesamaan tanda tangan dari tamu yang memiliki buku TC. Jenis pengawasan lainnya adalah dengan meminta bukti tanda pengenal (biasanya adalah paspor), yang memuat nomor identikasi yang sesuai dengan yang tertera pada lembaran TC tersebut

KUPON HADIAH
• Pada tahun-tahun belakangan ini, banyak diberikan kupon hadiah kepada tamu
• Penggunaanya dilakukan atas persetujuan dan perjanjian yang diakui dan dalam pemakaiannya adalah seperti pengunaan uang tunai.



KUPON MAKAN
• Banyak perusahaan yang memberikan kesempatan makan siang direstoran-restoran dalam bentuk kupon makan kepada pegawai atau mitra kerjanya.
• Pada saat penggunaanya, harus dilihat kesesuain berlakunya kupon dengan jenis pelayanan dan jenis hidangan direstoran pada hari itu. Penggunaanya disamakan dengan pembayaran secara tunai.

REKENING DEBIT
Debitor = penghutang
Penggunaan rekening debit direstoran dapat diartikan dengan pembayaran yang tidak dilakukan secara tunai direstoran. Tagihan akan dikirimkan kemudian ke alamat perusahaan yang bersangkutan. Dengan demikian, bagi pihak restoran rekening jenis akan terbuka sampai dengan dilakukan pelunasannya.
• Dalam hal pengiriman tagihan kepada perusahan yang bersangkutan, terlebih dahulu harus ada kesepakatan diantara kedua belah puhak, misalnya menyangkut penggunaannya atau orang yang dapat menggunakannya.
• Setiap rekening harus ditandatangani oleh kepala restoran atau pemilik restoran
• Biasanya akan dikirimkan rekening gabungan setiap bulannya kepada perusahaan yang bersangkutan.

KARTU KREDIT
• Tamu dapat menggunakannya untuk pembayaran pada resepsion, restoran, dsb
• Dengan menggunakan mesin kartu kredit, akan dituliskan nomor kartu, nama dan alamat tamu pada formulir kartu kredit.
• Dengan demikian dapat dilakukan pengecekan validitas kartu kredit melalui daftar nomor yang telah dinyatakan distop atau dinyatakan tidak berlaku lagi. Daftar ini dikeluarkan oleh perusahaan penyedia jasa kartu setiap bulannya.
• Sebelum pengunaan, harap perhatikan tanggal berlakunya dan validitas kartu kredit yang bersangkutan. Tanggal berakhirnya masa berlaku kartu kredit, dan biasanya awal berlakunya pula, akan diterakan pada kartu kredit. Masa berlakunya adalah antara satu sampai dua tahun.
• Pada formulir pembayaran akan dicantumkan jumlah rekening dan tanggalnya.
• Tamu yang bersangkutan akan menanda tangani formulir tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar